Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata Selain Wortel

Pasti sebagaian orang tau jika wortel baik untuk menjaga kesehatan mata karena kandungan Vitamin A dan beta karotenya. Ternyata bukan hanya wortel yang bagus untuk menjaga kesehatan mata, tetapi ada juga buah-buahan atau sayur-sayuran yang bisa membantu menjaga kesehatan mata anda.

Utamakan memakan yang mengandung vitamin A, E, C, seng, lutein dan asam lemak omega 3 juga mwmbantu dalam menjaga kesehatan mata. Ini juga bisa menjadi alternatif untuk anda yang tidak suka makan wortel tetapi ingin menjaga kesehatan mata.


1. Sayuran hijau

Kenapa harus sayuran hijau? Ya karena sayuran hijau banyak mengandung lutein dan zeaxanthin yang merupakan karotenoid pada retina mata. Makanan yang mengandung dua zat gizi ini ternyata memiliki sifat antioksidan yang berfungsi untuk menurunkan resiko pengembangan degenrasi makula dan katarak. 

Dan antioksidan dapat melindungi mata dari kerusakan yang ditimbulkan oleh sinar matahari, asap rokok, dan polusi udara. Untuk sayuran yang memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin tinggi diantaranya, daun bayam, daun kale, sawi, brokoli, dan lobak hijau. Juga bisa ditemukan pada kacang polong dan alpukat.

2. Telur

Telur juga memiliki banyak gizi yang terkandung di dalamnya yang ternyata dapat membantu menjaga kesehatan mata. Kandungan yang ada di dalam telur yaitu seng, lutein, zeaxanthin, dan vitamin A. Untuk lutein dan vitamin A dapat membantu mencegah kebutaan pada mata dan menghindari mata dari kekeringan pada mata. Sedangkan untuk zeaxanthin dan seng juga lutein dapat membantu menjaga kesehatan mata serta mengurangi resiko ternyadinya degenerasi mokula.

3. Buah citrus dan buah berry

Untuk buah citrus seperti jeruk, lemon dan jeruk bali juga buah berry seperti strawberry, blueberry, dan raspberry ternyata memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Karena vitamin C juga menganduk banyak antioksidan tinggi. Oleh karena itu buah yang satu ini sangat dianjurkan untuk anda yang ingin terhindar dari penyakit degenerasi makula dan katarak. Masih ada makanan lain yang mengandung vitamin C diantaranya pepaya, paprika, kiwi, tomat dan jambu biji.

4. Biji-bijian dan kacang-kacangan

Ada beberapa biji-bijian dan kacang-kacangan yang mengandung Vitamin E yang baik untuk menjaga kesehatan mata karena untuk memperlambat degenerasi makula. Seperti biji bunga matahari, dan almond. Dalam biji bunga matahari selain mengandung vitamin E ternyata juga mengandung seng. 

Sedangkan dalam kacang almod terdapat kandungan asam lemak omega 3 yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mata. Kacang-kacangan atau biji-bijian yang baik untuk kesehatan mata antara lain walnut, kacang polong, kacang tanah, kacang lima, kacang merah.

0 Response to "Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata Selain Wortel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel