Penyakit Yang Menyerang Bagian Mata

Menjaga kesehatan mata memang hal yang sangat penting jika kita menjaga kesehatan mata maka mata kita akan terhindar dari penyakit yang menyerang mata. Menurut para ahli dari American Academy of Opthalmology ada beberapa penyakit yang menyerang mata.


1. Glaukoma

Glaukoma merupakan penyakit yang menyerang saraf optik mata yang mengirimkan informasi visual ke otak anda. Ternyata penyakit ini adalah penyebab kebutaan nomor dua di dunia. memang tidak ada gejala khusus pada penderita glaukoma ini. Tetapi jika di dalam mata anda mengalami tekanan yang tinggi dan titik-titik kebutaan berkembang dipandangan anda. 

Dan titik ini tidak bisa terdeteksi sampai saraf optik memiliki kerusakan dan ada baiknya anda segera memeriksakan kondisi mata anda ke dokter mata. Dan untuk pencegahannya baiknya anda memeriksa mata anda jika anda sudah menginjak usia 40 tahun.

2. Katarak

Munculnya katarak bisa ditandai dengan lensa alami mata menjadi seperti kabur. Untuk yang mengalami katarak ini biasanya orang yang sudah berumur atau yang sudah tua. Penyakit ini lebbih menyerang pada orang perokok atau sering terkena paparan sinar matahari yang signifikan. Gejala katarak ini bertahap dari yang pandangan mengabur, silau atau ada lingkaran cahaya, dan sensitif kontras menghilang.

3. Konjungtivitis

Konjungtivitis atau yang biasa disebut “pink eye” merupakan penyakit yang sering terjadi. Penyakit ini terjadi ketika jaringan yang jelas di atas bagian warna putih anda mengalami radang. Dan ini akan membuat mata anda menjadi kemerahan dan berair ataupun gatal. Dan kelopak mata akan menjadi bengkak sehingga akan lebih sering menutup.

4. Degenerasi makula

Age related macular degenaration (AMD) merupakan penyebab paling utama dari kebutaan. Karena penyakit ini menyerang bagian makula, daerah yang kecil pada retina mata. Untuk penyakit ini tidak mengalami gejala langsung. Tetapi jika ada sesuatu yang aneh dibagian mata ada baiknya anda memeriksa mata anda. 

Tidak ada untuk mencegah AMD, tetapi anda dapat memperlambat perkembangannya dengan mengontrol tekanan darah, memakan makanan yang sehat untuk mata, mencegah tubuh dari kegemukan, dan hindari merokok secara terus-menerus.

0 Response to "Penyakit Yang Menyerang Bagian Mata"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel